Ingin Berkunjung ke Lampung? Catat List Kuliner Khas yang Harus Dicicipi!

Jika Anda sedang berkunjung di suatu kota maka tentunya harus mencicipi makanan khas yang ada di kota tersebut, seperti makanan khas yang ada di Lampung. Makanan khas Lampung tidak pernah gagal membuat siapa saja tergiur. Sebagai provinsi yang letaknya di ujung pulau Sumatera, menyebabkan banyak orang yang mampir di Lampung setelah mereka menyeberang dari Pulau Jawa. Sehingga tak sedikit turis yang mencicipi makanan khas Lampung sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke daerah Sumatera lainnya. Namun banyak juga yang menjadikan Lampung sebagai destinasi wisata karena banyak menyajikan tempat wisata pantai yang indah dan eksotis.

Tapi apabila kita berbicara mengenai makanan khas Lampung, mungkin sebagian orang langsung terbesit dengan keripik pisang. Memang benar bahwa Lampung mempunyai kebun pisang terbesar yang ada di pulau Sumatera. Bahkan kualitas keripik pisang yang berasal dari Lampung merupakan yang paling tersohor hingga ke luar negeri. Bukan hanya keripik pisang nya saja, Lampung juga mempunyai sejumlah makanan khas yang enaknya tidak main-main. Berikut ini jenis kuliner khas Lampung yang harus kamu cicipi ketika sedang berada di sini!

Tempoyak

Tempoyak Lampung

Bukan hanya pohon pisang yang dapat tumbuh subur di Lampung, pohon durian juga tumbuh dengan baik di daerah ini. Bukan hanya dinikmati sebagai buah secara langsung, masyarakat Lampung juga mengolah buah durian sebagai makanan serupa dengan sambal yang dikenal dengan tempoyak. Tempoyak merupakan makanan dari durian yang sudah difermentasi. Biasanya tempoyak dinikmati bersama dengan nasi hangat. Tempayak juga bisa diolah lagi menjadi berbagai makanan yang sedap seperti gulai tempoyak dan sambal udang tempoyak.

Seruit

Seruit

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang sering disajikan di berbagai acara untuk disantap bersama-sama. Bahan yang digunakan untuk membuat seruit yaitu ikan goreng atau ikan bakar khas Lampung yang nantinya disiram dengan sambal. Sambal yang dicampur dengan ikan sangat istimewa karena terbuat dari cabai, tomat, bawang putih dan bawang merah yang dicampur dengan tempoyak. Sedangkan ikan yang digunakan biasanya adalah ikan layis, ikan tongkol, ikan patin, ikan belida atau ikan baung. Sajian seruit akan lebih lengkap dengan lalapan seperti jengkol, daun kemangi atau daun jambu.

Pindang

Pindang

Pindang merupakan makanan khas Lampung  yang terbuat dari ikan tangkapan nelayan. Masyarakat Lampung mengolah pindang dengan rangkaian bumbu seperti cabai, bawang merah dan bawang putih, serai, lengkuas, daun salam dan daun jeruk. bumbu-bumbu tersebut dicampur kan ke dalam kuah rebusan ikan. ikan yang digunakan untuk menggunakan pindang biasanya ikan tawar seperti ikan gabus, ikan bawal dan juga ikan patin.

 

Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit

Kue Lapis legit ini adalah warisan dari colonial yang sampai saat ini masih bisa ditemukan dan cukup digemari, Kue lapis legit ini memiliki bau yang harum karena terbuat dari rempah-rempah seperti kayu manis, cengkih, bunga pala dana das manis yang memiliki cita rasa manis khas dengan rasa legit tektur kue yang lebut dan harum. Biasa saat lebaran tiba kue lapis legit ini banyak dijumpai di toko.

Keripik pisang

Keripik Pisang Lampung

Siapa yang gak kenal dengan makanan satu ini Kripik pisang lampung, cemilan khas lampung ini menjadi salah satu pilihan saat liburan ke lampung untuk oleh-oleh karena rasanya yang enak, gurih dan renyah variasi rasanya juga banyak pilihan dari coklat, stowbery, susu, pedas dan manis.

Baca juga :

Keindahan Tersembunyi di Kotabumi

Sebenarnya beberapa makanan tersebut bisa dijumpai di beberapa wilayah. Namun tentu saja makanan-makanan tersebut lebih istimewa jika disantap langsung dari tempat asalnya. Jika anda ingin berkunjung ke Lampung sambil berwisata ke berbagai dinas wisata dan juga berwisata kuliner ywng ada di Lampung, maka Anda bisa menggunakan layanan Fast Travel Lampung. Jasa layanan travel kami menyediakan rute Palembang - Lampung - Jakarta. Biayanya sangat terjangkau dengan berbagai pelayanan yang maksimal untuk memuaskan penumpang, seperti dilengkapi dengan sopir yang berpengalaman dan profesional, kendaraan terbaru yang terawat, bersih, dan nyaman, dan juga semuanya telah dilengkapi dengan SOP.

Anda bisa langsung cek situs fasttravellampung.com untuk mengetahui berbagai biaya yang diperlukan dari titik pemberangkatan hingga ke tempat tujuan. Cara servis untuk menggunakan layanan Fast Travel Lampung juga sangat mudah yaitu cukup mengisi formulir via chat WhatsApp.

Hubungi Nomor Resmi Fast Travel Lampung dibawah ini

TeleponWhatsApp

 

Komentar

FAST TRAVEL | Travel Jakarta Lampung Pelembang Jawa Barat

Fast Travel